BUAH NANAS, MANFAAT DAN KASIATNYA

Buah nanas adalah buah yang populer bagi masyarakat Bali selanjutnya. Dalam setiap aktivitas beragama di Bali, buah ini senantiasa hadir sebagai sebuah sarana persembahan, baik berupa pajegan, gebogan, dan juga yang lainnya.
Budidaya buah ini juga tidak begitu sulit dilakukan, dan buah ini sangat mudah untuk kita temukan di pasar tradisional sampai di supermarket yang besar sekalipun.

Nanas mengandung phitochemical yang baik untuk kesehatan. Phitochemical adalah zat yang ada pada tumbuhan yang memiliki aktifitas biologi yang menguntungkan tubuh, yakni sebagai antioksidan. Nanas juga mengandung enzim bromelain yang dapat mengubah protein pada susu, daging dan gelatin sehinga membuat bahan makanan menjadi basa. Karena sifatnya tersebut nanas dapat mengempukan daging dengan meletakkan potongan nanas di atasnya, namun jangan terlalu lama supaya tidak mengalami kelembekkan.
Kandungan phitochemicalnya dapat menurunkan PH tinggi hingga dapat mengontrol asam lambung. yang mana meskipun anda mempunyai sakit maag, buah ini tidak berbahaya.
Untuk menambah khasiatnya nanas lebih baik dikonsumsi secara utuh. Buah nanas yang memang baik untuk disantap dalam bentuk rujak dan minuman olahan. Nanas juga mengandung beberapa hal, diantaranya:
  1. Vitamin A dan C sebagai antioksidan.
  2. Mengandung Kalsium dan fosfor.
  3. Mengandung Magnesium dan Besi.
  4. Mengandung Natrium
  5. Mengandung Kalium
  6. Mengandung Dekstrosa
  7. Mengandung Sukrosa dan Enzim Bromelain, Enzim ini bermanfaat sebagai antiradang.
kemudian membantu untuk melunakkan makanan di lambung kita. Kemudian bermanfaat Juga sebagai penghambat berkembangnya sel kanker dalam tubuh manusia. Untuk yang menderita sembelit, maka enzim ini bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Tetapi konsumsilah buah nanas yang sudah masak. Atau dengan kata lain, jangan mengkonsumsi buah nanas yang masih muda atau belum matang di pohonnya. Untuk memperoleh manfaat yang besar, kita memang harus memakan buah nanas yang sudah matang secara alami.
Berikut ini beberapa manfaat nyata dari buah nanas:
1. Dapat mengurangi asam lambung yang berlebihan.
2. Berguna membantu pencernaan makanan di  lambung.
3. Sebagai anti-radang.
4. Diuretik (sebagai peluruh kencing)
5. Membersihkan jaringan kulit yang mati.
6. Menghambat pertumbuhan sel kanker.
Demikian beberapa manfaat nyata dari buah nanas yang sudah matang.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengolah buah nanas tergantung dari kebutuhan pembaca yang budiman.
  1. untuk penderita cacingan dan radang tenggorokan, dan juga penyakit beri-beri dan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, maka cara mengolah adalah, siapkan buah nanas yang sudah matang. Kemudian kupas hilangkan hidung nanasnya. Kemudian cuci bersih dan potong kecil-kecil, setelah itu larutkan dalam blender, atau dengan cara memerasnya. Perasan air dari buah nanas inilah yang berguna untuk penyakit di atas.
  2. Untuk penderita luka bakar dan penderita bisul, maka yang dipergunakan adalah daun nanas. Caranya adalah petiklah daun dari buah nanas dan cuci bersih. Setelah itu tumbuk hingga halus dan tempelkan pada bagian yang sakit atau terluka.
  3. Peradangan kulit. Sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya, lalu Hasil parutannya dipakai untuk parut.menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas. Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari.
  4. Untuk penderita sembelit. ambilah 3 buah nanas dan diambil air perasannya atau bisa juga dibuat jus, namun pilihlah buah yang belum matang benar dan agak sedikit asam.

Meskipun buah nanas memiliki banyak manfaat, tetapi ada juga beberapa efek samping yang perlu diwaspadai dari buah nanas ini. Terutama untuk beberapa hal, yakni:
  1. Bagi wanita yang hamil dilarang keras untuk mengkonsumsi nanas yang masih muda. Karena bisa menyebabkan keguguran, Minum air perasan dari 3 buah nanas yang belum matang benar dan agak sedikit asam.dapat menyebabkan keguguran.
  2. Di dalam saluran pencernaan, maka buah nanas dapat terfermentasi menjadi alcohol, dan ini tidak baik bagi mereka yang memiliki penyakit reumatik, sebab penyakitnya dapat saja kambuh.
  3. Buah nanas yang masih muda, juga tidak baik bagi mereka yang menderita Diabetes (DM). Sebab buah nanas muda mengandung kadar gula yang cukup tinggi.
  4. Buah nanas biasanya juga menimbulkan rasa gatal di lidah. Oleh sebab itu untuk menghilangkannya, maka rendamlah dulu buah nanas sebelum di makan dengan air garam.


Demikian penjelasan singkat tentang manfaat dan juga cara pengolahan buah nanas,

Sumber: dari berbagai sumber

0 Response to "BUAH NANAS, MANFAAT DAN KASIATNYA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel